Teknologi
multimedia erat kaitannya dengan komputer, karena pada hakekatnya teknologi ini
merupakan pendukung agar sebuah komputer dapat berkomunikasi.
Pengertian
Multimedia
Multimedia
mempunyai beberapa pengertian yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli di
bidang multimedia, antara lain :
1. Multimedia adalah
komputer informasi yang dapat ditampilkan dengan gambar dan atau animasi, teks,
grafik dan audio (steinmetz dan Nahrstedt, 1995, p1).
2. Multimedia adalah
kombinasi dari teks, suara, animasi, seni gambar dan video yang disampaikan
kepada kita dengan menggunakan komputer (Vaughan, 1993, p4).
3. Multimedia diartikan
sebagai piranti lunak yang memakai lebih dari satu metode dalam komunikasi
dengan pemakai, seperti adanya pemakaian grafik, teks, suara dan video (Tway,
1992, p7). Jadi multimedia merupakan suatu aplikasi yang dibangun melalui
penggabungan beberapa media seperti teks, grafik, animasi dan suara untuk
menyajikan suatu informasi.
Tujuan
Multimedia
Penggunaan multimedia
mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.
Meningkatkan efektivitas penyampaian
informasi
2.
Mendorong partisipasi, keterlibatan dan
eksplorasi pemakai
3.
Merangsang panca indra, karena bersifat
visualisasi
4.
Memberikan kemudahan pemakaian, terutama
bagi pemakai pemula
Elemen-elemen
Multimedia
Untuk
dapat membuat suatu multimedia yang baik, dibutuhkan elemen-elemen yang
memiliki kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi. Elemen – elemen
multimedia tersebut antara lain :
1. Teks (Text)
Teks
merupakan elemen multimedia yang paling mendasar dan sederhana yang digunakan
untuk menyampaikan informasi. Teks biasanya dihasilkan oleh program pengolahan
kata dan merupakan informasi yang utama pada sebagian besar aplikasi
multimedia, yaitu pada menu, sistem navigasi dan programnya sendiri. Teks bersifat
menjelaskan secara teliti dan akurat. Vaughan (1993, p12) berpendapat bahwa
teks dapat memberikan banyak arti untuk mengungkapkan apa yang hendak dikatakan
sehingga sangat penting dalam penyampaian informasi untuk dapat menampilkan
suatu aplikasi yang menarik, keseimbangan pemakaian teks pada layar perlu
diperhatikan.
2. Animasi (Animation)
Animasi
adalah gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan menayangkan
frame-frame gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi merupakan
elemen multimedia yang digunakan untuk mendeskripsikan berbagai jenis gambar
yang bergerak, termasuk film. Dengan animasi, kita dapat mempresentasikan suatu
konsep secara visual yang apabila dijelaskan dengan cara lain akan jauh lebih
sulit. Animasi juga dapat interaktif. Menurut Andleigh dan Thakrar (1996, p259)
Animasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
a. Computer Based
Animation
Yaitu
animasi yang dihasilkan oleh komputer untuk membuat suatu visual efek yang
meliputi perubahan posisi, bentuk, warna, tekstur dan suatu objek termasuk
perubahan dalam pencahayaan, sudut pandang, orientasi dan fokus.
b. Full Motion Video
Merupakan
hasil rekaman langsung dari kamera video yang diambil dengan menggunakan kamera
digital, yang disimpan dalam bentuk file. Animasi jenis ini memerlukan tempat
penyimpanan yang besar.
3. Grafik (Graffic)
Grafik
sangat bermanfaat terutama untuk mengilustrasikan sesuatu atau membandingkan
informasi. Grafik atau seni garis sederhana mempunyai kegunaan dalam
berkomunikasi terutama untuk lebih menekankan informasi yang ingin disampaikan.
Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun gambar lain baik dua
dimensi maupun tiga dimensi. Berdasarkan pembentukkannya, grafik dibedakan
menjadi 2 (dua), yaitu:
a. Grafik Bitmap atau
raster
Disusun
sebagai matriks nilai numerik yang mempresentasikan setiap titik/piksel. Grafik
dalam bentuk ini sangat baik untuk menyimpan foto atau gambar yang rumit.
Ukuran file umumnya besar karena gambar disimpan per piksel.
b. Grafik vektor
Disusun
dari bangunan grafis seperti garis, persegi panjang, elips dan sebagainya yang
ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran, ketebalan sisi, sudut.
Karena data yang disimpan bukan berupa titik-titik yang diambil dari suatu
gambar maka untuk menampilkan gambar dalam bentuk skala kecil atau besar dalam
grafik vektor tidak mengurangi kehalusan dari gambar tersebut.
4. Gambar (Image)
Gambar
merupakan suatu obyek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non text)
atau konsep yang berbentuk kode yang tidak mempunyai relasi dengan waktu
(Andleigh dan Thakrar, 1996, p39). Gambar terbagi menjadi 3 jenis ( Prabhat,
Kiran, p34-35), yaitu : a. Visible Images Yaitu, gambar yang dapat dilihat,
seperti foto dan lukisan b. Non Visible Images Yaitu, gambar tidak disimpan
sebagai gambar tetapi ditampilkan sebagai gambar, seperti pengukur suhu,
pengukur tekanan dan alat pengukur lainnya. c. Abstract Yaitu, gambar yang
tidak nyata. Gambar ini merupakan image yang berbasiskan perhitungan
aritmatika.
5. Suara (Audio)
Menurut
Vaughan (1993, p37), suara merupakan elemen multimedia yang paling
senasasional. Integrasi audio atau suara ke dalam aplikasi multimedia dapat
memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media yang lain. Ada
informasi yang tidak mungkin atau sangat sulit untuk dijelaskan tanpa bantuan
suara. Sebagai contoh, sangat sulit untuk membuat tulisan yang dapat
mendeskripsikan bagaimana bunyi ombak laut. Suara juga dapat digunakan untuk
membantu penjelasan dari informasi yang
disampaikan dengan media lain . Contohnya : Sebuah narasi atau sambutan dapat
ditambahkan saat cuplikan animasi sedang ditampilkan pada layar. Hal tersebut
dapat membantu sehingga suatu aplikasi dapat dimengerti dan lebih mudah untuk
dipahami. Dalam aplikasi multimedia terdapat 3 jenis suara, yaitu :
a. Ucapan (speech)
Suara
orang berbicara seperti dalam pidato atau sebagai presenter, tapi bisa juga
dalam bentuk percakapan.
b. Music (Music)
Suara
yang dihasilkan alat musik. Biasanya digunakan untuk mengiringi di awal dan
diakhir, dapat juga digunakan untuk menyajikan lagu
c. Efek suara (Sound
Effect)
Suara
di luar percakapan dan musik, seperti suara benda pecah, suara ledakan, dan
lain-lain. Suara mempunyai format berbeda-beda, yaitu :
d. MIDI (Musical
Instrument Digital Interface)
Merupakan
protocol yang memungkinkan alat musik elektronik dan computer saling
berkomunikasi satu dengan lainnya (Burger, 1993, p283). MIDI dapat memainkan
dan merekam dari dan ke alat musik elektronik. MIDI tidak dapat memainkan real
world sound effect seperti tetes air, teriakan orang, gelas pecah, dan lain
sebagainya.
b. WAVE (WAVE – form
audio File Format)
Merupakan
format file audio digital yang disimpan secara digital. File-file tersebut
disimpan dalam extention WAV. Digital audio dapat merekam dan memainkan segala
macam suara seperti pintu berderit, suara angin, dan sebagainya.
KARAKTERISTIK
SISTEM MULTIMEDIA
1.
Must be Computer Controlled Harus dikerjakan
dengan menggunakan computer
2.
Integrated (Text,Animation,Audio,Video) Merupakan
integrasi dari text, animasi, suara dan video
3.
Represented Digitally Direpresentasikan
dalam bentuk digital
4.
Interface to user may permit
interactivity Harus menggunakan antarmuka dengan pengguna secara interaktif
Tidak ada komentar:
Posting Komentar