Jumat, 22 Maret 2013

Konsep Dasar Multimedia


Teknologi multimedia erat kaitannya dengan komputer, karena pada hakekatnya teknologi ini merupakan pendukung agar sebuah komputer dapat berkomunikasi.

Pengertian Multimedia
Multimedia mempunyai beberapa pengertian yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli di bidang multimedia, antara lain :
1. Multimedia adalah komputer informasi yang dapat ditampilkan dengan gambar dan atau animasi, teks, grafik dan audio (steinmetz dan Nahrstedt, 1995, p1).
2. Multimedia adalah kombinasi dari teks, suara, animasi, seni gambar dan video yang disampaikan kepada kita dengan menggunakan komputer (Vaughan, 1993, p4).
3. Multimedia diartikan sebagai piranti lunak yang memakai lebih dari satu metode dalam komunikasi dengan pemakai, seperti adanya pemakaian grafik, teks, suara dan video (Tway, 1992, p7). Jadi multimedia merupakan suatu aplikasi yang dibangun melalui penggabungan beberapa media seperti teks, grafik, animasi dan suara untuk menyajikan suatu informasi.

Tujuan Multimedia
Penggunaan multimedia mempunyai tujuan sebagai berikut :
1.      Meningkatkan efektivitas penyampaian informasi
2.      Mendorong partisipasi, keterlibatan dan eksplorasi pemakai
3.      Merangsang panca indra, karena bersifat visualisasi
4.      Memberikan kemudahan pemakaian, terutama bagi pemakai pemula

Elemen-elemen Multimedia 
Untuk dapat membuat suatu multimedia yang baik, dibutuhkan elemen-elemen yang memiliki kemampuan dalam menyampaikan suatu informasi. Elemen – elemen multimedia tersebut antara lain :
1. Teks (Text)
Teks merupakan elemen multimedia yang paling mendasar dan sederhana yang digunakan untuk menyampaikan informasi. Teks biasanya dihasilkan oleh program pengolahan kata dan merupakan informasi yang utama pada sebagian besar aplikasi multimedia, yaitu pada menu, sistem navigasi dan programnya sendiri. Teks bersifat menjelaskan secara teliti dan akurat. Vaughan (1993, p12) berpendapat bahwa teks dapat memberikan banyak arti untuk mengungkapkan apa yang hendak dikatakan sehingga sangat penting dalam penyampaian informasi untuk dapat menampilkan suatu aplikasi yang menarik, keseimbangan pemakaian teks pada layar perlu diperhatikan.
2. Animasi (Animation)
Animasi adalah gambar yang bergerak. Animasi dapat dihasilkan dengan menayangkan frame-frame gambar secara cepat untuk menghasilkan efek pergerakan. Animasi merupakan elemen multimedia yang digunakan untuk mendeskripsikan berbagai jenis gambar yang bergerak, termasuk film. Dengan animasi, kita dapat mempresentasikan suatu konsep secara visual yang apabila dijelaskan dengan cara lain akan jauh lebih sulit. Animasi juga dapat interaktif. Menurut Andleigh dan Thakrar (1996, p259) Animasi dapat dibedakan menjadi dua jenis, yaitu :
a. Computer Based Animation
Yaitu animasi yang dihasilkan oleh komputer untuk membuat suatu visual efek yang meliputi perubahan posisi, bentuk, warna, tekstur dan suatu objek termasuk perubahan dalam pencahayaan, sudut pandang, orientasi dan fokus.
b. Full Motion Video
Merupakan hasil rekaman langsung dari kamera video yang diambil dengan menggunakan kamera digital, yang disimpan dalam bentuk file. Animasi jenis ini memerlukan tempat penyimpanan yang besar.
3. Grafik (Graffic)
Grafik sangat bermanfaat terutama untuk mengilustrasikan sesuatu atau membandingkan informasi. Grafik atau seni garis sederhana mempunyai kegunaan dalam berkomunikasi terutama untuk lebih menekankan informasi yang ingin disampaikan. Grafik dapat berupa kurva, foto, hasil scanner maupun gambar lain baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Berdasarkan pembentukkannya, grafik dibedakan menjadi 2 (dua), yaitu:
a. Grafik Bitmap atau raster
Disusun sebagai matriks nilai numerik yang mempresentasikan setiap titik/piksel. Grafik dalam bentuk ini sangat baik untuk menyimpan foto atau gambar yang rumit. Ukuran file umumnya besar karena gambar disimpan per piksel.
b. Grafik vektor
Disusun dari bangunan grafis seperti garis, persegi panjang, elips dan sebagainya yang ditempatkan secara matematis dengan koordinat, ukuran, ketebalan sisi, sudut. Karena data yang disimpan bukan berupa titik-titik yang diambil dari suatu gambar maka untuk menampilkan gambar dalam bentuk skala kecil atau besar dalam grafik vektor tidak mengurangi kehalusan dari gambar tersebut.

4. Gambar (Image)
Gambar merupakan suatu obyek yang dapat ditampilkan dalam bentuk grafik (non text) atau konsep yang berbentuk kode yang tidak mempunyai relasi dengan waktu (Andleigh dan Thakrar, 1996, p39). Gambar terbagi menjadi 3 jenis ( Prabhat, Kiran, p34-35), yaitu : a. Visible Images Yaitu, gambar yang dapat dilihat, seperti foto dan lukisan b. Non Visible Images Yaitu, gambar tidak disimpan sebagai gambar tetapi ditampilkan sebagai gambar, seperti pengukur suhu, pengukur tekanan dan alat pengukur lainnya. c. Abstract Yaitu, gambar yang tidak nyata. Gambar ini merupakan image yang berbasiskan perhitungan aritmatika.
5. Suara (Audio)
Menurut Vaughan (1993, p37), suara merupakan elemen multimedia yang paling senasasional. Integrasi audio atau suara ke dalam aplikasi multimedia dapat memberikan informasi yang tidak mungkin diberikan oleh media yang lain. Ada informasi yang tidak mungkin atau sangat sulit untuk dijelaskan tanpa bantuan suara. Sebagai contoh, sangat sulit untuk membuat tulisan yang dapat mendeskripsikan bagaimana bunyi ombak laut. Suara juga dapat digunakan untuk membantu  penjelasan dari informasi yang disampaikan dengan media lain . Contohnya : Sebuah narasi atau sambutan dapat ditambahkan saat cuplikan animasi sedang ditampilkan pada layar. Hal tersebut dapat membantu sehingga suatu aplikasi dapat dimengerti dan lebih mudah untuk dipahami. Dalam aplikasi multimedia terdapat 3 jenis suara, yaitu :
a. Ucapan (speech)
Suara orang berbicara seperti dalam pidato atau sebagai presenter, tapi bisa juga dalam bentuk percakapan.
b. Music (Music)
Suara yang dihasilkan alat musik. Biasanya digunakan untuk mengiringi di awal dan diakhir, dapat juga digunakan untuk menyajikan lagu
c. Efek suara (Sound Effect)
Suara di luar percakapan dan musik, seperti suara benda pecah, suara ledakan, dan lain-lain. Suara mempunyai format berbeda-beda, yaitu :


d. MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
Merupakan protocol yang memungkinkan alat musik elektronik dan computer saling berkomunikasi satu dengan lainnya (Burger, 1993, p283). MIDI dapat memainkan dan merekam dari dan ke alat musik elektronik. MIDI tidak dapat memainkan real world sound effect seperti tetes air, teriakan orang, gelas pecah, dan lain sebagainya.

b. WAVE (WAVE – form audio File Format)
Merupakan format file audio digital yang disimpan secara digital. File-file tersebut disimpan dalam extention WAV. Digital audio dapat merekam dan memainkan segala macam suara seperti pintu berderit, suara angin, dan sebagainya.

KARAKTERISTIK SISTEM MULTIMEDIA
1.      Must be Computer Controlled Harus dikerjakan dengan menggunakan computer
2.      Integrated (Text,Animation,Audio,Video) Merupakan integrasi dari text, animasi, suara dan video
3.      Represented Digitally Direpresentasikan dalam bentuk digital
4.      Interface to user may permit interactivity Harus menggunakan antarmuka dengan pengguna secara interaktif





Tidak ada komentar:

Posting Komentar